Friday, May 25, 2012

dua minggu di Kopassus (Situ Lembang)

Selain di Batujajar, latihan juga dilakukan di daerah latihan gunung hutan milik Kopassus di Situ Lembang. Daerah latihan ini berada di dataran tinggi persis sebelah gunung tangkuban perahu. Ibarat sekolah, latihan disini adalah ujian kelulusan dari semua materi yang sudah dipelajari di Batujajar yang puncaknya adalah kegiatan Caraka Malam dimana setiap siswa diperintahkan untuk menyusuri hutan seorang diri di tengah malam. Karena latihan yang lebih keras serta hujan yang terus menerus turun di daerah pegunungan ini, banyak sekali peserta yang menurun kondisi fisiknya, tapi walaupun begitu, tidak ada yang nyerah ;)

Welcome to The Jungle! direndam di kolam sedingin es
 


Berjemur setelah seharian berlatih dalam kondisi basah
Banyak pengalaman positif yang saya dapatkan selama mengikuti program ini. Selama program selalu ditekankan disiplin serta jiwa korsa kepada para peserta, yang sebenarnya bisa didapatkan dengan cara-cara yang lebih mengasyikkan. Namun tujuan sebenarnya program ini adalah untuk menguji fisik dan mental peserta yang mengikuti, bukan disiplin serta kekompakan yang selalu didengung-dengungkan. Untuk hal ini saya setuju. 

Latihan Mendayung di Waduk Saguling
Baiklah, sepertinya saya sudah bicara terlalu banyak tentang program ini. Adalah kebanggaan bagi saya dapat berlatih ditempat yang tidak semua orang dapat masuk sembarangan ini, kawah candradimuka bagi salah satu pasukan khusus paling disegani di dunia. Walaupun akan menolak jika ditawarkan latihan seperti ini sekali lagi :p

ps : Program ini sepenuhnya terukur dan aman bagi anda yang tidak memiliki penyakit berat, serta sama sekali bukan bentuk militerisasi.

No comments:

Post a Comment